Posted by : Unknown Sabtu, 30 Agustus 2014

A.PENGENALAN

 Didalam rubik 3x3x3 memiliki 3 layer atau 3 lapisan.
 Keterangan gambar diatas :
  • lingkaran warna biru : corner
  • lingkaran warna merah : EDGE
  • lingkaran warna kuning : center


Untuk mempermudah penyelesaian rubik biasanya rumus rubik dilambangkan dengan huruf :


R : memutar 90derajat layer kanan searah jarum jam.
R'(R aksen) : memutar 90derajat layer kanan berlawanan arah jarum jam.
L : Memutar 90derajat  layer kiri searah jarum jam.
L'(L aksen) : memutar 90derajat layer kiri berlawanan arah jarum jam.
U : memutar 90 derajat layer atas searah jarum jam.
U'(U aksen) :memutar 90derajat layer atas berlawanan arah jarum jam.
F : memutar 90 derajat  layer depan searah jarum jam.(layer yang ada di depan kita)
F' (F aksen) :memutar 90 derajat layer depan berlawanan arah jarum jam.
 Dan jika anda menemukan lambang angka 2 di depan huruf maka anda harus memutar sebanyak 180derajat.
Misal :
U2 = Memutar 180 derajat layer atas searah jarum jam.
Dan jika anda menemukan huruf kecil maka anda harus memutar 2 layer sekaligus.
Misal :
f  = memutar 90 derajat 2 layer depan searah jarum jam.

Langkah-Langkah

1.Membuat Cross putih
Buatlah cross putih bercenter kuning,setelah jadi lihat pada kaki sisi putih,kemudian orientasikan warna pada sisi kaki tersebut.Misal sisi kaki berwarna merah maka paskan/orientasukan warna sisi merah tersebut dengan center berwarna merah.setelh itu putar 2 kali menuju center putih.
cross sudah ter orientasi


Maka jadinya akan seperti gambat diatas.kemudian letakkan cross tersebut sehingga  berada disisi bawah.Sebenarnya didalam membuat cross tidak menggunakan rumus khusus,kita hanya menggunakan rumus intuitif/pengarangan.
NB:cross harus ter orientasi seperti gambar diatas.Warna pada pojok2(biru,merah,kuning) tidak penting hiraukan saja.
2.Menyelesaikan layer bawah.

Letakkan cross di layer bawah.Kemudian cari Corner yang ada warna putihnya.Setelah itu letakkan sisi yg berwana  putih di layer kanan/kiri dan menghadap ke kanan/kiri.Dan warna yg di sebelah putih (tidak warna aatas) letakkan seperti gambar dibawah ini.Gambar di bawah ini menunjukan warna di sebelah putih adalah orange,dan orange sudah di orientasikan  dengan center orange.

          Ketika warna putih menghadap ke kanan : R,U,R’

Ketika putih mengahadap ke kiri : L’,U’,L
 
Jika anda menemukan putih yg menghadap ke atasdan berada dilayer  kanan maka anda harus memutar dan mengepaskan dengan pojok layer bawah yg belum terorientasi : R,U2,R’
Setelah itu orientasikan dg center sesuai warnanya dengan menggunakan rumus di atas.
Jika anda menemukan putih menghadap ke KANAN dan berada di bawah maka : R,U,R’ setelah itu orientasikan dengan center sesuai warnanya dengan rumus di atas.
Lakukan ini di semua sisi hingga rubik seperti GAMBAR dibawah ini.
3.Menyelesaikan layer ke dua.
Posisi warna putih harus di bawah.Setelah itu cari edge yang tidak ada warna kuningnya.Setelah anda dapatkan kemudian orientasikan dengan center.Untuk menyelesaikan layer ke 2 maka anda harus memindah ke kanan/kekiri.Lihat gambar di bawwah ini!!Misal  kita telah mendapatkan edge dg warna orange dan biru,orange di depan kita dan biru diatas orange. Pertama kita lihat warna yang menghadap keatas.Yang menghadap keatas adalah biru  maka kita harus memindah ke sisi  yang berwarna biru.Dan sisi biru  berada di posisi layer kiri,maka kita pindhkan ke kiri dengan rumus :
U’,L’,U,L,U,F,U’,F’

Jika kita harus memindah ke kanan maka rumusnya : U,R,U’,R’,U’,F’,U,F
  Jika kita menemukan posisi seperti di bawah ini di sebelah kanan maka kita pakai rumus sama dengean memindah kekanan : : U,R,U’,R’,U’,F’,U,F


Jika kita menemukan seperti di gambar di atas tetapi di sebelah kiri maka rumusnya sama dengan memindah ke kiri : U’,L’,U,L,U,F,U’,F’

Lakukan langkah diatas di ke 4 sisi hingga seperti gambar d bawah ini :

5.Menyamakan layer atas dengan warna kuning.
Ketika anda  sudah selesai langkah ke empat maka anda akan menemukan salah satu algoritma seperti dii bawh ini.


Ini algoritma pertama yang sering di temukan yaitu berbentuk “L” yg menghadap
 Ke pojok kanan layer atas.Jika anda menemukan unsure algoritma”L” yg menghadap ke kiri
 Bawah maka anda menggunakan rumus : f,R,U,R’,U,’,f ‘

Ini algoritma kedua yaitu titik.jika kita menemukan unsure titik maka kita pakai
  Rumus :F,R,U,R’,U’,F’, f,R,U,R’,U,’,f ‘


Ini algoritma terakhir yaitu garis lurus horizontal .Jika kita menemukan bentuk lurus horizontal maka rumusnya : F,R,U,R’,U’,F’
 Setelah melakukan langkah di atas,maka langkah di atas akan menghasilkan beberapa bentuk dibawah ini

 NB : yang ada strip kuningnya berarti itu sisi kuning.Bentuknya harus sama dengan gambar,ketika sudah sama dg gambar lakukan rumus berikut ini : R,U,R',U,R,U2,R' jika anda sudah melakukan rumus tersebut maka akan menghasilkan bentuk seperti ikan.Lakukan rumus ini ber ulang ulang sampai layer atas kuning semua.
NB : Kepala ikan harus menghadap ke pojok kiri pada layer atas.
6.Finishing
jika sisi atas sudah kuning semua,kemudian cari dua corner yang memoliki warna yang sama pada sisi yang sama.lihat gambar di bawah ini !! di gambar tersebut kita menemukan 2 corner yang sama yaitu orange kemudian kita paskan / orientasikan ke sisi orange.
Setelah di paskan kemudian putar rubik sehingga sisi orange berada di layer kiri.seperti gambar di bawah ini.
ketika sisi orange sudah di kiri kemudian lakukan rumus seperti ini : R,U2,R',U',R,U2,L',U,R',U',L
Setelah rumus dilakukan maka akan terdapat salah satu sisi yang sudah terorientas semua.lihat gambar di bawah ini!! di gambar tersebut sisi biru sudah terorientasi.
Jika anda tidak menemukan 2 corner yang sama,maka anda harus melakukan rumus : R,U2,R',U',R,U2,L',U,R',U',L setelah itu cari 2 corner yang sama dan lakukan seperti langkah yang di atas.
Jika salah satu sisi sudah terorientasi,kemudian letakkan sisi yang sudah sama semua di sisi belakang,
Lihat pada EDGE gambar tersebut,EDGE tersebut salah tempat,Seharusnya edge hijau berada berada di sisi hijau.Bagaimana cara memindahkannya?Di dalam gambar tersebut harus berpindah searah jarum jam maka rumusnya : F2,U,R',L,F2,R,L',U,F2.
Jika berlawanan jarum jam : F2,U',R',L,F2,R,L',U',F2

Itulah sedikit bagaimana cara bermain Rubik 3x3x3.Semoga bermanfaat...

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

My Music

small rss seocips Music MP3
Ayo bro dengerin music ini !!!
Blue Fire Pointer

Jangan Lupa Join ya ^_^

Popular Post

- Copyright © ICT -Yudha Notes- Powered by Blogger - Designed by Yudha aditya -